Halaman

Minggu, 29 Juni 2014

Ringkasan kotbah : Bertindak sesuai Firman Tuhan

Ringkasan kotbah
Pembicara : Pdm Paulus Abednego
Salt & Light Community tanggal 16 Juni 2014
Tempat : Gedung Ramayana – Jalan Pahlawan Madiun
Judul : Bertindak sesuai Firman Tuhan


Dan orang-orang yang berlaku fasik terhadap Perjanjian akan dibujuknya sampai murtad dengan kata-kata licin; tetapi umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak. 
(Daniel 11:32)

Selama ini kita sudah menerima banyak Firman Tuhan baik dalam pertemuan ibadah hari Minggu ataupun pertemuan ibadah yang dilakukan di hari lain. Ada begitu banyak Firman yang sudah kita dengar tetapi apakah kita sudah bertindak sesuai dengan yang kita dengar ?

Ketika Firman pertama kali kita dengar maka Firman tersebut masih dalam bentuk informasi atau pengetahuan. Informasi / pengetahuan tersebut adalah hal yang baik tetapi sebuah informasi tidak akan berguna jika informasi tersebut tidak berproses menjadi sebuah pengertian dan terekspresi menjadi tindakan.

Saat ini di setiap bungkus rokok tertulis peringatan mengenai bahaya merokok, tetapi realita menunjukkan bahwa jumlah perokok tidak menurun dan penerimaan cukai rokok terus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa sebuah informasi belum tentu akan berproses menjadi pengertian dan terekspresi menjadi sebuah tindakan.

Iblis tidak takut dengan Firman yang diperdengarkan sebagai sebuah informasi atau pengetahuan. Iblis akan lebih khawatir dengan orang percaya yang mendapatkan pengertian mengenai Firman Tuhan dan mengekspresikannya dalam tindakan untuk bereaksi terhadap sebuah situasi.

Selama beberapa bulan ini ada berapa ayat yang tadinya berupa informasi mulai saudara pahami dan terekspresi dalam tindakan ?

Tuhan mengatakan untuk kita selalu bersyukur, tetapi kita baru bisa bersyukur dalam segala situasi jika pikiran kita dipenuhi dengan pengertian tentang bersyukur, ketika terdapat pengertian tentang bersyukur maka tindakan kita akan mengikuti

Contohnya ada ayat dalam Filipi 4 : 8 tentang memikirkan semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuj. Tetapi ketika ayat ini belum menjadi sebuah pengertian, maka dalam tindakan, kita akan mudah untuk berpikir negatif dalam sebuah situasi yang kita alami.

Kita bisa menjadi kuat jika sebuah pengetahuan atau informasi berubah menjadi sebuah pengertian dan tindakan.

Renungkan sejenak, adakah ayat dari Firman Tuhan yang sudah saudara mengerti dengan benar dan terekspresikan dalam tindakan saudara dalam kehidupan sehari-hari ?

Bagaimana supaya sebuah Firman Tuhan bisa menjadi sebuah pengertian dan tindakan ?

Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya. 
(Yoh 14 : 21) 

Ketika kita mengasihi Dia lebih dari apapun maka Tuhan akan menyatakan diriNya kepada kita dan membuat kita mengerti secara dalam akan Dia.

Ketika saya ingin memberikan sesuatu kepada para tukang becak di Madiun saya hanya berdoa dan menyatakan keinginan saya kepadaNya dan tidak berharap kepada siapapun dan beberapa hari kemudian seorang teman saya di Jakarta mengirimkan sejumlah uang untuk rencana tersebut.

Milikilah lapar dan haus kepada Tuhan 

Rasa dan lapar haus akan Tuhan akan membuat kita selalu ingin membaca dan memahami Firman Tuhan setiap hari. Apakah setiap hari saudara memakan Firman Tuhan dengan teratur ?

Dengarkanlah, hai anak-anak, didikan seorang ayah, dan perhatikanlah supaya engkau beroleh pengertian (Ams 4 :1) 

Pengetahuan akan menjadi pengertian jika kita mendengarkan (listen) dengan sungguh-sungguh akan sebuah Firman Tuhan. Salah satu cara untuk bisa mendengarkan sungguh-sungguh jika saudara rajin mencatat Firman Tuhan yang saudara dengarkan. Ketika saudara mencatat Firman Tuhan maka saudara akan mendengarkan dengan sungguh-sungguh.

aku diajari ayahku, katanya kepadaku: "Biarlah hatimu memegang perkataanku; berpeganglah pada petunjuk-petunjukku, maka engkau akan hidup. (Ams 4:4) 

Mulai hari ini dengarkan, renungkan, perkatakan Firman Tuhan dengan sungguh- sungguh dan minta pengertian dari Tuhan maka saudara akan memiliki hidup.

Oleh sebab itu haruslah engkau berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan dengan takut akan Dia. Sebab TUHAN, Allahmu, membawa engkau masuk ke dalam negeri yang baik, suatu negeri dengan sungai, mata air dan danau, yang keluar dari lembah-lembah dan gunung-gunung; suatu negeri dengan gandum dan jelainya, dengan pohon anggur, pohon ara dan pohon delimanya; suatu negeri dengan pohon zaitun dan madunya; suatu negeri, di mana engkau akan makan roti dengan tidak usah berhemat, di mana engkau tidak akan kekurangan apa pun; suatu negeri, yang batunya mengandung besi dan dari gunungnya akan kaugali tembaga. Dan engkau akan makan dan akan kenyang, maka engkau akan memuji TUHAN, Allahmu, karena negeri yang baik yang diberikan-Nya kepadamu itu. Hati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan TUHAN, Allahmu, dengan tidak berpegang pada perintah, peraturan dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini. 

Be Salt and Be Light ! Listen, Get His wisdom and Action !


Related Post



Tidak ada komentar: