Halaman

Rabu, 15 Januari 2014

Tetap dalam Yesus, berakar dan dibangun di dalam Dia


Ringkasan kotbah
Pembicara : Pdt Paulus Abendnego
Salt & Light Community tanggal 06 Januari 2014
Tempat : Gedung Ramayana – Jalan Pahlawan Madiun
Judul : Tetap dalam Yesus, berakar dan dibangun di dalam Dia


Selamat Tahun Baru 2014, kita akan menapaki tahun 2014 dengan luar biasa karena penyertaanNya tidak akan pernah berakhir sampai kapanpun meskipun tahun 2013 telah berakhir dengan berbagai hal yang telah kita alami dalam anugrah Tuhan Yesus. Tuhan akan melakukan hal luar biasa di tahun 2014.

Samudera raya berpanggil-panggilan dengan deru air terjun-Mu; segala gelora dan gelombang-Mu bergulung melingkupi aku.
(Maz 42 :8)

Samudra selalu berbicara tentang hal yang besar dan berhubungan dengan gelombang / gelora yang luar biasa. Dan saya percaya bahwa Tuhan akan melakukan hal yang luar biasa buat kita semua melalui cintaNya yang luar biasa kepada kita manusia. Bagaimana kita bisa menerima hal ini ?

Ia mengumpulkan air laut seperti dalam bendungan, Ia menaruh samudera raya ke dalam wadah. (Mazmur 33 :7)

Wadah dan bendungan berhubungan dengan suatu tempat untuk menampung sesuatu. Kalau begitu alat penampung bagaimana yang harus kita siapkan ? Hanya ada satu tempat di dalam kita sebagai manusia yang selalu menjadi tempat Tuhan untuk memberikan AnugrahNya dan tempat itu bernama “hati”. Kata “Ia menaruh samudera raya ke dalam wadah” artinya segala sesuatu yang besar yang Tuhan janjikan hanya bisa ditangkap dan diperoleh melalui hati kita. Perubahan hati yang kapasitasnya semakin membesar akan memampukan kita mendapatkan semua hal besar yang Tuhan janjikan di tahun 2014. Hal pertama yang harus kita pahami adalah apakah hal besar yang menjadi inti dari hal-hal besar yang akan kita alami dalam kehidupan sepanjang 2014 ?

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yoh 3 : 16 )

Yesus adalah hal besar itu ! kelahiran Yesus (Natal) membawa sebuah perubahan pakem dari cara Tuhan memandang umat manusia. Kalau sebelumnya hanya bangsa Israel yang mempunyai hak khusus di hadapan Tuhan dalam hal keselamatan. Dan hanya suku Lewi yang berhak masuk ke ruang maha kudus. Tetapi sejak Yesus tampil ke dunia, semua batasan itu hilang dan keselamatan serta hak untuk menyembah dalam ruang Maha KudusNya telah sampai pada semua orang, semua orang dari segala bangsa dan suku bangsa. Artinya, kita yang tidak termasuk dalam bilangan orang yang diselamatkan telah menjadi orang-orang yang berhak menerima keselamatan itu dan tidak lagi tergolong sebagai kelompok yang dibinasakan. Dan kita sudah menerimaNya ! Oleh sebab itu Yesus harus semakin kita sadari sebagai hal besar yang telah terima, dan kehidupan Yesus di dalam kita akan memampukan kita menerima hal-hal besar yang berhubungan dengan kehidupan kita sebagai manusia di muka bumi, dalam berbagai bidang. Tahun 2014 harus menjadi tahun ketika passion / gairah cinta kita kepada Yesus semakin membesar dibandingkan tahun 2013.

Dan hal ini yang harus kita lakukan :

Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia.Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur. (Kolese 2 : 6-7)

Tetap di dalam Yesus.

Hal ini berbicara tentang keteguhan dalam mengikut Yesus dalam berbagai situasi kehidupan di sepanjang tahun 2014. Entah itu situasi yang baik atau tidak baik kita tetap dalam keteguhan mengikut Yesus.

Berakar di dalam Dia

Kita tidak hanya tetap di dalam Dia, tetapi juga harus berakar di dalam Dia. Berakar adalah sebuah usaha menerobos segala rintangan untuk dapat mencapai sumber air yang memberikan kehidupan kepadanya. Seperti perempuan yang mengalami pendarahan, dia melakukan sebuah gerak maju yang menyakitkan bagi kondisinya untuk mencapai Yesus. Ada sebuah usaha dan memaksa diri untuk terus bergerak maju. Di tahun 2014 kita harus lebih berkomitmen untuk lebih exellent dalam berbagai bidang, baik dalam kehidupan kerohanian, bisnis, pekerjaan, rumah tangga, sekolah dsb dan bergerak maju dalam bidang-bidang tersebut. Hanya ketika bertemu sumber airnyalah sebuah pohon bisa tumbuh besar, seperti halnya kehidupan kita akan menemui hal-hal besar ketika kita menemukan sumber airnya, yaitu Yesus. Memang akan ada kejenuhan dan kelelahan ketika kita melakukan hal ini, tetapi kalau kita mengerti prinsip ini dan melakukannya, maka kekuatan akan datang. Karakter yang harus menyertai dalam sebuah usaha mengakar adalah kerendahan hati dan kelemahlembutan, kerendahan hati dan kelemah lembutan memampukan kita tekun dan kuat dalam usaha menggali dan terus menggali untuk mencapai sumber air.

Dibangun di atas Dia
Kehidupan yang berakar akan menghasilkan pertumbuhan atau dengan kata lain kita akan terus dibangun di dalam Dia. Pujian dan penyembahan akan membawa roh kita semakin dibangun dalam kekuatan Tuhan hari demi hari. Lakukan pujian dan penyembahan lebih lagi di tahun 2014 dan hal itu akan membuat hal-hal yang dijanjikan Tuhan akan dibangun di atas Dia. Pujian dan penyembahan menghasilkan bekerjanya kuasa Tuhan seperti yang telah dialami oleh banyak orang di dalam Alkitab. Get the power !

Be Salt and Be Light ! 2014 will be Ours !



Related Post



Tidak ada komentar: